|
|
S M K MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA
JL. Simpang Lima Semarang
Telp.(024)8311532 E-mail: smkn7semarang@yahoo.co.id
|
|
|
||
|
||||||
KUR
2013
|
RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
|
|||||
RPL
|
||||||
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN DAN
KONSELING
TAHUN
PELAJARAN: 2018/2019 SEMESTER GENAP
KELAS
: XI TITL
![]() |
A
|
Komponen
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi
|
C
|
Topik / Tema
Layanan
|
Manajemen waktu dan implementasi di PLN
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta
didik/konseli dapat memahami
pentingnya manajemen waktu serta mampu menerapkan manajemen waktu tersebut
dalam kehidupan sehari-hari dan di PLN
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1. Peserta didik/konseli dapat
memahami pengertian manajemen waktu
2.
Peserta didik/konseli dapat memahami prinsip-prinsip manajemen waktu
dan terkait di PLN
3.
Peserta didik/konseli dapat memahami langkah-langkah manajemen waktu
dan di PLN
4.
Peserta didik/konseli dapat memahami cara mengatur waktu dan bekerja
di PLN
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas
XI TITL
|
H
|
Materi Layanan
|
1.
Pengertiaan manajemen waktu dan saat bekerja di
PLN
2.
Prinsip-prinsip manajemen waktu
3.
Langkah-langkah manajemen waktu
4.
Cara mengatur waktu
|
I
|
Waktu
|
3Kali Pertemuan x 45 Menit
|
J
|
Sumber Materi
|
1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK-MAK kelas 11 Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang pribadi,
Yogyakarta, Paramitra
3.Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi ItuMudah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
4. Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan
Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah, Curah pendapat dan tanya
jawab
|
L
|
Media
/ Alat
|
LCD, Power
Point , Manajemen waktu
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
Tahap
|
Uraian Kegiatan
|
|
1. Tahap Awal /
Pedahuluan
|
1.
Membuka dengan salam dan berdoa
2.
Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.
Menyampaikan tujuan layanan materi Bimbingan dan
Konseling
4.
Menanayakan kesiapan kepada
peserta didik
|
|
2. Tahap Inti
|
|
|
a. Kegiatan Peserta Didik
|
1.
Peserta didik mengamati slide pp yang berhubungan
dengan materi layanan
2.
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
3.
Setiap kelompok mempresetasikan
tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian
sampai selesai.
|
|
|
b. Kegiatan Guru BK/Konselor
|
1.
Guru BK menayangkan media slide power point yang
berhubungan dengan materi layanan
2.
Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab
3.
Guru BK membagi kelas menjadi 6 kelompok, 1 kelompok 5- 6 orang
4.
Guru BK memberi tugas kepada
masing-masing kelompok
|
|
3. Tahap Penutup
|
1.
Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan
yang terkait dengan materi layanan
2.
Guru BK mengajak peserta didik untuk agar dapatmenghadirkan Tuhan dalam hidupnya
3.
Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan
datang
4.
Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan
salam
|
M
|
Evaluasi
|
|
|
1. EvaluasiProses
|
Guru
BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi
:
1. Melakukan
Refleksi hasil, setiap
peserta didik menuliskan dikertas
yang sudah disiapkan.
2. Sikap atau
atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3. Cara peserta
didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4. Cara peserta
didik memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara
lain :
1. Merasakan
suasana pertemuan : menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Topik yang
dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3. Cara Guru
Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan : mudah dipahami/tidak
mudah/sulit dipahami
4. Kegiatan yang
diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
a. Pengertian Manajemen Waktu
Manajemen waktu
merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas
waktu. Mengelola waktu belajar bukan berarti kehilangan waktu luang
untuk bersenang-senang. Bukan pula berarti bahwa waktu dalam 24 jam per hari
harus dihabiskan untuk belajar. Justru sebaliknya, prinsip utama dari
pengelolaan waktu secara efektif adalah pembagian waktu yang efektif untuk
kegiatan-kegiatan yang meliputi: waktu untuk belajar, waktu untuk bekerja dan
kegiatan sosial maupun waktu bagi diri sendiri untuk bersantai.Betapa seringnya
kita mendengar pepatah yang mengatakan Waktu
Adalah Uang. Tapi sebenarnya berapa banyak diantara kita yang benar-benar
dapat memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya? Tak perlu
dipertanyakan lagi, pengaturan waktu yang efektif merupakan hal mendasar untuk
lingkup berbagai wilayah kehidupan. Pada kenyataannya, seringkali terdapat
perbedaan antara capaian kehidupan sejati dan orang-orang yang meskipun sibuk
tetapitidak pernah sampai pada titik dimanapun. Kiat utama untuk mengelola
waktu belajar adalah kombinasi dari fleksibilitas
dan disiplin.Seringkali
jadwal belajar telah disusun, namun kemudian ada kegiatan mendadak yang harus Anda
ikuti (misalnya: ada keluarga yang membutuhkan pertolongan Anda). Anda
diharapkan tetap berdisiplin namun sekaligus fleksibel untuk mengganti waktu
yang hilang tersebut dengan mencari waktu lain.
b.
Prinsip-Prinsip Manajemen Waktu
1. Tujuan adalah kunci utama,
gambarkan hasil akhir dengan jelas
Mengatur waktu tanpa memilik rencana dan tujuan justru adalah
penghamburan waktu. Begin with the end of
things, mulai segalanya dari akhir. Maksudnya? Pikirkan apa hasil akhir
yang akan Anda raih dan alami. Banyak orang memanfaatkan waktunya dengan baik
setelah melihat hasil akhir dirinya dengan sangat jelas : kematian! Bagaimana
dengan Anda? Apa yang ingin Anda semua berikan sebelum malaikat maut datang
menjemput?
2. Be
Flexible, Please.. Believe Me!
Jadilah fleksibel. Hidup ini bukanlah seperti matematika, di mana 1 + 1
= 2. Namun terkadang mengharuskan kita menyiapkan plan A, plan B, bahkan
sampai Z! Tak usah terpaku pada to-do
list yang Anda buat hari ini. Bersikaplah fleksibel dan buat diri Anda
dihormati dengan memberikan waktu untuk menghormati orang lain.
3. Selamatkan Waktu dengan Prioritas
Apabila
Anda memiliki to-do list 10 kegiatan
yang ingin dilaksanakan, jangan memaksakan semua sehingga kehidupan Anda
menjadi kaku. Ambil 3 kegiatan terpenting, di mana selanjutnya adalah optional.
Atau 20% kegiatan terpenting dari target Anda hari ini, maka dijamin Anda sudah
menyelesaikan 80% dari semuanya, setidaknya untuk mendekati cita-cita Anda. Apa
jadinya bila tugas A ditinggalkan, sementara Anda fokus ke tugas C? Di dunia
pengembangan diri, dikenal dengan prinsip pareto,
hidup menjadi lebih efektif, efisien, dan seimbang.
4. Use Single Handling; Fokus dalam Satu Waktu
Ketika memutuskan untuk mengerjakan suatu hal penting, maka hindari
semua gangguan. Fokus! Matikan handphone, telepon, atau apapun itu yang mengganggu
konsentrasi Anda. Dan jangan mengerjakan pekerjaan lain sebelum tuntas (kecuali
kalau memang jangka panjang).
5. Refreshing; Penghematan Jangka Panjang
Jangan memaksa diri Anda untuk terus-menerus mengerjakan tugas. Jangan
menganut prinsip bahwa manusia seperti balon tiup yang suatu saat bisa ‘pecah’
saat stress. Namun semua yang tidak seimbang pasti tidak baik. Kalau Andaberpendapatrefreshing itu membuang waktu, maka
ketika Andastress berat dan merasa
jenuh, maka waktu yang Anda buang menjadi lebih banyak lagi.
6. Prinsip Multitasking
Gambaran mudahnya adalah isilah waktu Anda ketika menunggu, menyetir,
dalam perjalanan, atau bahkan ketika memenuhi ‘call of nature’, dengan membaca buku, mendengar kaset ceramah,
khotbah, motivasi, atau tips pengembangan diri. Maka waktu Anda akan lebih
berarti dibandingkan hanya menunggu tanpa melakukan apapun.
7.
Maintenance Balance – Seimbangkan Semuanya!
Ini adalah salah satu prinsip terpenting. Kenapa? Seperti yang sebutkan
di atas, bahwa semua yang berjalan tidak seimbang tidak baik. Apa jadinya bila
di dunia ini hanya ada siang? Kalau Anda hanya mementingkan karir dengan
mengabaikan keluarga, itu tidak ada artinya.
8. Dare
to be Assertive;
Berani untuk bilang ‘tidak’
Ini adalah selera Anda untuk mengatur kapan harus bilang ya, dan kapan
harus bilang tidak. Intinya adalah dengan mengatakan tidak pada hal yang tidak urgent dan tidak penting, Anda bisa mengalokasikan
waktu untuk kegiatan lain agar lebih seimbang dan tidak membuang waktu Anda.
9. Do it Now !! Don’t Procrastinate Your
Activity!
Inilah prinsip terakhir yang juga
paling penting. Aspek action dari
segala planning yang akan mewujudkan
cita-cita Anda. Lakukan semua yang telah Anda rencanakan, selesaikan tugas yang
terdata di to-do listAnda. Manfaatkan
waktu luang, dan hindari menunda-nunda pekerjaan, sebelum pekerjaan Anda
menumpuk dan membuat Anda bingung sendiri.
c. Langkah-langkah manajemen waktu
Membuat komitmen untuk mengontrol waktumu merupakan langkah pertama
bagi manajemen waktu yang sukses. Manajemen waktu secara tertulis tidak hanya
membuat rencana lebih efektif, namun juga akan memperdalam komitmen terhadap
tujuan. Sistem perencanaan waktu yang mengikat elemen-elemen berikut ini secara
bersama:
1. Gunakan Pensil
Jika kita ingin menjadwal hidup kita, lupakan bolpoint atau sesuatu yang bertinta. Kita akan membuat
perubahan-perubahan dalam perencanaan karena itu sebuah pensil dapat lebih
menolong membuat perubahan tersebut tanpa bersusah paya mencari tip-ex. penggunaan
pensil akan menolong untuk tetap fleksibel saat kita merencanakan waktu.
2. Gunakan Kalender
Sebuah kalender memberimu pandangan ke depan yang luas dari seluruh
komitmenmu belajar, dakwah, keluarga, pribadi, komunitas dan sosial. Masukan
janji baru, kejadian, pertemuan, deadline
suatu pekerjaan, juga tanggal ketika kamu merencanakan untuk memulai sesuatu
dengan baik. Untuk menghindari terlalu banyak penjadwalan, pastikan kalendermu
siap diakses setiap waktu, ketika di sekolah, rumah, dalam perjalanan.
3. Rencanakan Akativitas Mingguan Anda
Luangkan waktu seminggu sekali untuk
menjadwalkan janji, komitmen belajar, tugas, waktu pribadi, waktu keluarga, dan
lain-lainnya dalam perencanaan satu minggu ke depan. Bermurah hatilah dalam
estimasi waktu untuk penyelesaian tugas dan rancanglah deadline yang layak. Berpikir realistislah mengenai waktu.
4. Buatlah daftar kerja harian Anda
Sebuah daftar kerja bisa jadi sangat
bernilai untuk menolong kita mengendalikan waktu, tentu di samping sebuah
kalender. Sebuah daftar kerja memberi pandangan sekilas terhadap apa saja yang
kita butuhkan.
d.
Cara Mengatur Waktu bagi Pelajar
1. Perhatikan semua daftar kegiatan keseharian anda
Memang dalam hal apapun sebuah konsep sangatlah diperlukan. Di samping
persiapan semakin matang juga meningkatkan kualitas sebuah hasil. Begitu juga
dalam hal cara mengatur waktu bagi pelajar. Seorang pelajar yang cerdas
hendaklah memperhatikan apa yang menjadi tugas atau kegiatan sehari-harinya.
2. Lakukan pengorbanan secara cerdas
Mencoba untuk menjadi juara kelas atau mendapatkan nilai yang baik
disekolah tidak akan terwujud tanpa mengorbankan sesuatu. Mulailah menganalisa
waktu anda. Usahakan anda untuk tidak terjebak pada hal-hal yang bersifat
menurunkan semangat dan motivasi belajar. Bermain dengan hal yang menguras uang
dan waktu yang tidak bermanfaat seperti PS atau game online harus dihindari
supaya tidak membawa efek buruk dipikiran anda dalam memandang masa depan.
3. Mengatur
prioritas tugas
Sebenarnya seorang pelajar boleh melakukan semua pekerjaan diwaktu
manapun. Namun bukan pilihan yang cerdas jika anda tidak memperhatikan keadaan
tugas tersebut. Hanya mengandalkan semangat saja tidaklah cukup. Anda
membutuhkan skala prioritas untuk dikerjakan. Mengapa? Serangkaian proses
kegiatan memang boleh dilakukan secara acak, tetapi jika tidak menghasilkan
kualitas yang maksimal anda bisa menyesal. Oleh karena itu cara mengatur waktu
harus segera diterapkan.
4. Membagi tugas
yang panjang dalam kegiatan yang lebih kecil
Sebagian tugas memang tidak bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat.
Berkaitan dengan hal inilah pelajar harus pintar dalam mengatur waktu. Jika
harus diselesaikan dalam waktu yang panjang maka sebaiknya tugas tersebut
dibagi ke dalam beberapa sub tugas yang lebih kecil. Walaupun harus berpikir
lebih keras dan rumit, tetapi pada dasarnya tugas tersebut akan lebih baik dan
lebih mudah. Selain itu kualitas yang dihasilkan akan lebih berkualitas.
5. Jangan takut untuk mengatakan ‘TIDAK’
Pada kenyataannnya seorang pelajar memang harus memiliki banyak teman.
Selain mengetahui ilmu lebih banyak dan pengalaman cara belajar semakin
komplek. Juga mengetahui berbagai kesulitan belajar yang sering menghantui para
pelajar. Sehingga anda tahu cara mengatasinya. Namun bagaimana jika ada teman
yang memiliki pandangan berbeda dengan anda?
Apa yang akan anda lakukan ketika mereka mengajak keluar jalan? Menolak
atau menerima? Setiap pilihan memang memiliki resiko dan akibat. Oleh karena
itu pilihan cerdas anda sangat menentukan.
6. Luangkan waktu untuk kegiatan kreatif dan produktif
Mengatur waktu bagi pelajar bukan
sekedar tugas sekolah atau rumah. Memang kedua tugas itu sangat penting, tetapi
alangkah baiknya anda meluangkan waktu sehari atau setengah hari pada setiap
minggu untuk belajar hal yang meningkatkan keterampilan anda sebagai pelajar.
Anda bisa mencoba mengenali minat atau keterampilan yang anda tertarik seperti
olah raga (footsal, renang, bulu tangkis atau tenis meja) atau kerajinan tangan
(menulis, mendesain gambar atau fotografi).
7. Miliki istirahat yang efektif
Terlepas dari banyaknya tugas sekolah atau kegiatan di luar
sekolah yang penting ada baiknya anda memperhatikan waktu istirahat anda.
Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas dengan buru-buru. Walaupun
bisa cepat selesai, tetapi biasanya hasil yang diperoleh kurang maksimal karena
kerja otak semakin menurun. Jika tugas yang anda miliki benar-benar banyak maka
mengatur waktu sangatlah penting. Gunakan waktu istirahat secara efektif dan
efisien. Salah satunya anda memperhatikan waktu tidur.
Pertanyaan :
1.Terangkan pengertian tentang managemen waktu!
2.Sebutkan prinsip – prinsip managemen waktu !
3.Bagaimana cara mengatur waktu yang baik ?
|
|
Surakarta, 2 Januari 2019
|
Mengetahui,
|
|
|
WKS I (Kurikulum)
Seti Sayoga, S.Pd, M.Pd
NIP. 197407062006041012
|
|
Guru BK
Wiwik Wahyuningsih, S.Psi
NIPM. 512099342
|
|
|
|
|
Mengetahui,
|
|
|
Kepala Sekolah
Fauzi Hidayat, S.Pd
NIPM. 512 099 159
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar