|
|
S M K MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA
JL. Simpang Lima Semarang
Telp.(024)8311532 E-mail: smkn7semarang@yahoo.co.id
|
|
|
||
|
||||||
KUR
2013
|
RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
|
|||||
RPL
|
||||||
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN DAN
KONSELING
TAHUN
PELAJARAN: 2018/2019 SEMESTER: GENAP
KELAS
: XI TITL
![]() |
A
|
Komponen
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Karier
|
C
|
Topik / Tema
Layanan
|
Kepemimpinan
dan bekerja di PLN
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta
didik/konseli dapat memahami apa yang disebut pemimpin, dapat mengenal fungsi
dan tugas kepemimpinan serta gaya kepemimpinan sekaligus dapat bekerja di
PLN.
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta didik/konseli dapat memahami
pengertian kepemimpinan
2.
Peserta didik/konseli dapat memahami fungsi-fungsi, tipe dan tugas
kepemimpinan terkait sistem di PLN
3.
Peserta didik/konseli dapat memahami gaya kepemimpinan
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas
XI TITL
|
H
|
Materi Layanan
|
1.
Pengertian kepemimpinan
2.
Fungsi-fungsi, tipe dan tugas kepemimpinan
3.
Gaya kepemimpinan dan sekaligus bekerja di PLN
|
I
|
Waktu
|
3Kali Pertemuan x 45 Menit
|
J
|
Sumber Materi
|
1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK-MAK kelas 11, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang sosial,
Yogyakarta, Paramitra
3.Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi ItuMudah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
4. Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan
Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah, Curah pendapat dan tanya
jawab
|
L
|
Media
/ Alat
|
LCD, Power
Point , Pemanasan global dan dampaknya
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
Tahap
|
Uraian Kegiatan
|
|
1. Tahap Awal /
Pedahuluan
|
1.
Membuka dengan salam dan berdoa
2.
Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.
Menyampaikan tujuan layanan materi Bimbingan dan
Konseling
4.
Menanayakan kesiapan kepada
peserta didik
|
|
2. Tahap Inti
|
|
|
a. Kegiatan Peserta Didik
|
1.
Peserta didik mengamati slide pp yang berhubungan
dengan materi layanan
2.
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
3.
Setiap kelompok mempresetasikan
tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian
sampai selesai.
|
|
|
b. Kegiatan Guru BK/Konselor
|
1. Guru BK menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2. Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab
3. Guru BK membagi kelas menjadi 6 kelompok, 1 kelompok 5- 6 orang
4.
Guru BK memberi tugas kepada
masing-masing kelompok
|
|
3. Tahap Penutup
|
1.
Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan
yang terkait dengan materi layanan
2.
Guru BK mengajak peserta didik untuk agar dapatmenghadirkan Tuhan dalam hidupnya
3.
Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan
datang
4.
Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan
salam
|
M
|
Evaluasi
|
|
|
1. EvaluasiProses
|
Guru
BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi
:
1. Melakukan
Refleksi hasil, setiap
peserta didik menuliskan dikertas
yang sudah disiapkan.
2. Sikap atau
atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3. Cara peserta
didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4. Cara peserta
didik memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara
lain :
1. Merasakan
suasana pertemuan : menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Topik yang
dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3. Cara Guru
Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan : mudah dipahami/tidak
mudah/sulit dipahami
4. Kegiatan yang
diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
a. Pengertian Pemanasan Global
Pengertian pemanasan
global (global warming) banyak
didefinisikan para ahli dimana proses, penyebab, dampak/akibat dan cara
mengatasi merupakan hal yang paling penting dalam kajian seputar pemanasan
global. Kita semua tahu dampaknya sangat membahayakan bagi kesehatan bumi
kita dan tentu berdampak bagi seluruh penghuni bumi. Pertama-tama mari kita
membahas Pengertian Pemanasan Global.
Secara Umum, Pemanasan Global (Global Warming) adalah peristiwa
meningkatnya suhu rata-rata pada lapisan atmosfer dan permukaan bumi.
Menurut berbagai penelitian, pada saat ini suhu di
permukaan bumi sudah menunjukkan peningkatan yang sangat drastis yaitu sekitar
0,6°C yang terjadi dalam satu abad terakhir. Peningkatan yang terbilang dan
terlihat kecil, namun dampak pemanasan global sangat besar bagi Bumi dan
kehidupan di Bumi. Dalam
gejala-gejala atau tanda-tanda terjadinya pemanasan global dapat kita amati dan
rasakan. Gejala-gejala pemanasan global adalah pergantian musim yang sulit
kita prediksi, sering terjadinya angin puting beliung, terumbu karang yang
memutih, dan banjir dan kekeringan di wilayah yang tidak biasa mengalaminya.
Penyebab Pemanasan Global (Global Warming)
Banyak para ahli yang mengemukakan pendapat mengenai
penyebab atau faktor-faktor terjadinya pemanasan global. Menurut para ahli
bahwa pemanasan permukaan Bumi terjadi karena meningkatnya gas rumah kaca di
atmosfer yang merangkap panas, tidak hanya itu, ada banyak lagi penyebab
terjadinya pemanasan global yang perlu teman-teman ketahui dalam memperbaiki
dan menanggulangi hal tersebut. Penyebab Pemanasan Global adalah sebagai
berikut...
- Efek Rumah Kaca : efek rumah kaca adalah
proses atmosfer menghangatkan planet. efek rumah kaca terjadi akibat panas
yang dipantulkan ke permukaan bumi terperangkap oleh gas-gas di atmosfer,
sehingga tidak dapat diteruskan ke luar angkasa, melainkan dipantulkan
kembali ke permukaan Bumi. Efek rumah kaca memiliki manfaat bagi makhluk
hidup di Bumi, namun jika berlebihan berbahaya kehidupan di Bumi
karena dapat mempengaruhi dan mengganggu iklim.
- Meningkatnya Gas Rumah Kaca : Gas-gas
memiliki sifat yang memerangkap panas, sehingga panas yang terpantul dari
permukaan bumi tidak dapat diteruskan ke cahaya akibat dari gas tersebut,
gas-gas tersebut adalah gas rumah kaca. Gas yang paling berperan
adalah karbon dioksida (CO2). penyebab meningkatnya karbon dioksida adalah
pembakaran bahan bakar batu bara, pembakaran minyak bumi, pembakaran gas
alam.
- Penggunaan CFC yang Tidak Terkontrol :
CFC atau Cloro Flour Carbon adalah bahan kimia yang digabungkan menjadi
sebuah bahan untuk memproduksi peralatan, terkhusus pada peralatan rumah
tangga. CFC terdapat pada kulkas dan AC.
- Polusi Kendaraan berbahan bakar bensin : Kendaraan
memberikan penyebab terbesar dalam terjadi pemanasan global. Polusi yang
dihasilkan kendaraan berbahan bakar bensin seperti motor, mobil dan
kendaraan lainnya dimana dari hasil pembuangannya menghasilkan gas karbon
dioksida yang berlebihan. Gas karbon dioksida merupakan penyebab utama
terjadinya pemanasan global karena karbon dioksida adalah gas yang
memerangkap panas sehingga tidak dapat keluar ke angkasa.
- Polusi Metana oleh Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan : Gas metana menempati urutan kedua sebagai penyebab utama
terjadinya pemanasan global. Gas metana dapat berasal dari bahan-bahan
organik yang kekurangan oksigen dari hasil pemecahan bakteri seperti di
persawahan, sedangkan pada peternakan, seperti usus hewan ternak,
meningkatnya produksi hewan ternak maka meningkatnya pula gas metana yang
dilepaskan ke permukaan bumi.
- Pengrusakan Hutan : Hutan berfungsi dalam
menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen, jika hutan rusak akibat
dari penebangan dan pembakaran, maka yang terjadi adalah jumlah karbon
dioksida yang diserap oleh hutan sedikit, dan semakin banyak karbon yang
berkumpul di atmosfer yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.
- Pemboroson Energi Listrik :Energi listrik
sebagian besar kita gunakan adalah hasil pembakaran dari pembakaran minyak
bumi dan batu bara, dimana hasil pembakaran tersebut menghasilkan karbon
dioksida
- Populasi Kendaraan yang Terus Meningkat : Meningkatnya jumlah kendaraan maka karbon dioksida pun yang
dihasilkan dari kendaraan tersebut akan bertambah banyak dan tentu saja menimbulkan
pemanasan global.
- Pembakaran Sampah Secara Berlebihan : Pembakaran
sampah berlebihan yang dilakukan secara massal akan menyebabkan terjadinya
pemanasan global karena dari hasil pembakaran sampah tersebut adalah gas
metana, yang dapat memerangkap panas.
b. Dampak Pemanasan
Global (Global Warming)
Pemanasan global mempunyai dampak/
akibat yang sangat luas yang tentunya memberikan pengaruh bagi kehidupan di
bumi, terutama kehidupan manusia. Dampak pemanasan global adalah sebagai
berikut...
- Gunung-gunung es akan mencair
- Curah hujan akan meningkat dan badai akan sering terjadi
- Air tanah cepat menguap yang akan menyebabkan kekeringan
- Angin akan bertiup lebih kencang dengan pola yang berbeda-beda
yang dapat membentuk angin puting beliung
- Cuaca menjadi sulit diprediksi dan lebih ekstrem, baik itu hujan
ekstrem atau kekeringan ekstrem
- Kenaikan permukaan laut yang sangat banyak akan menyebabkan
Tsunami, banjir dan pulau-pulau akan tenggelam.
- Menyebabkan kekeringan di wilayah pertanian sehingga tanaman akan
rusak
- Dapat mengakibatkan gagal panen akibat dari cuaca yang ekstem
dengan terjadi banjir yang mengakibatkan tanaman pertanian akan terendam
- Meningkatnya hama pangan akibat dari perubahan iklim
- Populasi hewan dan tumbuhan akan menurun
- Meluasnya berbagai penyakit yang dapat menyerang manusia seperti
DBD, malaria.
- Meningkatnya kasus orang meninggal akibat dari cuaca yang panas
seperti jantung, stroke, dehidrasi, dan stress.
c.
Cara Mengatasi atau Mengurangi Global Warming
Apa yang dapat dilakukan Remaja
dalam Mengatasi atau mengurangi Global Warming
1.
Mengurangi
pemakaian bahan yang dapat memicu GRK, seperti :
a.
Mengurangi pemakaian spray
(parfum,pengharum ruangan, obat nyamuk dll)
b.
Mengurangi pemakaian
kendaraan bermotor, atau mengurangi gas emisi pada kendaraan bermotor
c.
Tidak merokok
d.
Mengurangi kegiatan
pembakaran (membakar sampah dll)
2.
Melakukan kegiatan cinta
lingkungan
1.
Menanam pohon yang banyak
menyerap CO2 seperti ; Biola cantik, Tali pecut.
2.
Menanam pohon yang banyak
mengikat air seperti manggis
3.
Mengadakan kegiatan BAKTI
SOSIAL seperti turut melakukan penghijauan di lahan gundul
4.
Membuat taman di sekolah
maupun di rumah
3.
Menghemat
energi
a.
Menghemat pemakaian listrik,
seperti mematikan lampu jika tidak dipakai
b.
Mempelopori penggunaan energi
alternatif seperti penggunaan energi matahari, energi angin, energi air `
4.
Mengolah
Sampah
a.
Mengolah sampah organik
menjadi pupuk
b.
Mengolah sampah an organik
seperti plastik dll untuk dijadikan barang yang bisa di pakai kembali
Pertanyaan :
1
Apa yang
anda ketahui tentang keemimpinan ?
2
Sebutkan
tugas kepemimpinan !
3
Bagaimana
gaya kepemimpinan yang bagus ?
|
|
Surakarta, 2 Januari 2019
|
Mengetahui,
|
|
|
WKS I (Kurikulum)
Seti Sayoga, S.Pd, M.Pd
NIP.19740706 2006041012
|
|
Guru BK
Wiwik Wahyuningsih, S.Psi
NIPM. 512099342
|
|
|
|
|
Mengetahui,
|
|
|
Kepala Sekolah
Fauzi Hidayat, S.Pd
NIPM. 512 099 159
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar